Pembuatan Sang Legenda
1940

KISAH WILLYS QUAD

Pada Juni 1940, saat Perang Dunia II sudah di depan mata, Angkatan Darat A.S. membuka penawaran untuk 135 pabrikan otomotif agar membuat "kendaraan pengintai ringan" berbobot 1/4 ton yang disesuaikan dengan spesifikasi yang dikehendaki Angkatan Darat. Hanya tiga perusahaan yang merespons - Bantam, Willys, dan Ford — meskipun demikian, dalam satu tahun, mereka mengumpulkan bersama templat kendaraan yang dikenal di seluruh dunia sebagai "jeep".

Bertepatan dengan Hari Gencatan Senjata (Hari Veteran) pada November 1940, Willys-Overland mempresentasikan prototipe "Quad" (nama untuk sistem 4x4 yang menjadi ciri khasnya) pada Angkatan Darat A.S. Hebatnya, rancangan ini selesai dalam 75 hari.

Hanya terdapat dua prototipe yang dibuat.

1941

KISAH WILLYS MA

Willys MA hadir dengan pemindah gigi pada batang kemudi, potongan bodi samping yang rendah, dua panel instrumen berbentuk lingkaran pada dasbor, dan rem tangan pada sisi kiri. Willys memutar otak untuk mengurangi berat kendaraan sesuai spesifikasi Angkatan Darat yang baru, yaitu 2160 pound (980 kg). Beberapa bagian MA dilepas agar memenuhi spesifikasi ini. Hasilnya, berat akhir MA hanya sekitar 400 pound (182 kg), jauh di bawah spesifikasi tersebut. Nantinya, bagian yang dilepas akan dipasang kembali pada generasi penerus MB.

Setelah melalui pengujian yang berat, Willys-Overland memenangkan kontrak pada Juli 1941. Mereka mengumumkan produksi 16.000 model MB yang direvisi dengan harga per unitnya sebesar US$738.74. Sebagian besar MA dikirimkan ke Sekutu Amerika Serikat di Rusia dan Inggris melalui program Pinjaman-Sewa Guna Usaha. Saat ini, MA adalah kendaraan paling langka dari seluruh kendaraan praproduksi Willys. Hanya terdapat tiga puluh model yang masih ada saat ini.

1942

KISAH WILLYS MB

Kendaraan ini begitu legendaris; Angkatan Darat A.S. meminta kendaraan yang mampu membawa mereka melaju bak pahlawan. Semangat Willys MB ditempa oleh api tempur dan diasah dalam panasnya pertempuran, membakar semangat dalam hati prajurit yang berjuang untuk kebebasan.

Ikatan emosional yang agresif terjalin antara tentara dan "jeep" 4x4-nya. Kesetiaan MB terpatri dalam hati setiap GI, di setiap area pertempuran, dalam setiap peran yang dijalankannya.

Jeep® 4x4 yang tangguh dan simpel ini menjadi rekan terbaik GI - selain senapannya. Bahkan, salah satu MB menerima penghargaan Purple Heart ketika dipulangkan.

MB menjadi pionir revolusi dalam penggunaan kendaraan militer bermotor kecil di Angkatan Darat A.S. Tidak lama setelah kehadirannya, kuda, sepeda motor, mobil tunggal, serta sespan dianggap kuno.

Kendaraan MB yang serbaguna ini sangatlah akomodatif. Untuk pertempuran, kendaraan ini dapat dipersenjatai dengan senapan mesin berkaliber .30 atau .50. Kendaraan ini juga dapat dimodifikasi untuk patroli gurun jarak jauh, penyapu salju, pemasangan telepon kabel, penggergajian kayu, sebagai pemompa pemadam kebakaran, ambulans lapangan, traktor, dan bahkan melaju di rel kereta api dengan memasang roda yang sesuai.

Kendaraan MB ini dapat dimuat dalam pesawat angkut untuk tujuan pengerahan cepat, serta ukurannya yang cukup kecil sangat pas dinaikkan ke dalam pesawat glider besar yang digunakan dalam D-day (Hari-H) invasi Eropa.

Selama perang, kit lapangan yang dibuat sesuai kebutuhan dikembangkan untuk kondisi musim dingin dan gurun pasir, menerobos air yang dalam, serta kebutuhan tempur lainnya.

Jenderal George C. Marshall, Kepala Staf Angkatan Darat A.S. saat Perang Dunia II (yang kemudian menjabat sebagai Sekretaris Negara A.S.) menggambarkan Jeep® 4x4 sebagai "kontribusi terbesar Amerika pada kancah perang modern".

Ernie Pyle, Wartawan untuk Scripps Howard pada Perang Dunia II pernah mengatakan, "kendaraan ini mampu melakukan segalanya. Kendaraan ini mampu menjelajah ke mana saja. Ia sama setianya seperti anjing, sekuat bagal, dan selincah kambing. Kendaraan ini terus-menerus mengangkut beban dua kali lipat dari rancangannya dan mampu terus melaju."

Meskipun Willys MB bukan kendaraan berpenggerak empat roda pertama, slogan Jeep®, yakni Melaju ke mana pun, Mampu melakukan apa pun (Go anywhere, Do anything®) memengaruhi setiap generasi penerus 4x4 yang dirakit.

Museum of Modern Art di New York memajang Jeep® 4x4 militer sebagai satu dari delapan mobil yang dianggap sebagai "mahakarya seni otomotif yang langka."

1945

KISAH CJ-2A

Willys MB gagah ini ditempa dalam kawah perang dan siap melayani dalam masa damai. Armada kerja legendaris G.I. pada Perang Dunia II ini disulap oleh Willys-Overland menjadi CJ yang ditujukan untuk pengoperasian armada kerja di padang rumput.

Menurut Willys-Overland, terdapat 5,5 juta petani yang tersebar di penjuru A.S., dan lebih dari 4 juta di antaranya tidak memiliki truk atau traktor. CJ-2A yang tangguh dan serbaguna dipasarkan oleh Willys-Overland sebagai "Armada Kerja untuk Segala Keperluan Pertanian (The All-Around Farm Work-Horse)". Kendaraan ini mampu menggantikan tugas berat dua kuda angkut dan bergerak dengan kecepatan enam kilometer per jam selama 10 jam sehari, tanpa mengalami panas yang berlebih. CJ-2A "Universal" bertugas melayani sektor pertanian dan industri di seluruh dunia dengan ribuan cara yang berbeda.

Willys-Overland juga mengiklankan CJ-2A sebagai "Si Gagah di Atas Roda (A Powerhouse on Wheels)"yang digembar-gemborkan sebagai kendaraan kerja dan penyedia daya dinamis kepada khalayak. Berbagai alat pertanian dan industri dirancang untuk digunakan bersamaan dengan unit pemindah daya pada kendaraan. Alat pembatas kecepatan berpenggerak sabuk dikendalikan dari panel instrumen, memungkinkan pengaturan kecepatan mesin dari 1.000 hingga 2.600 rpm. Kendaraan ini laku keras meskipun stok MB tengah melimpah di pasar surplus perang.

Majalah Popular Science menawarkan uang tunai untuk artikel bertema "Gagasan Mengenai Tugas Jeep di Masa Damai". Kontes ini ditujukan untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi warga Amerika. Jeep® serta-merta menjadi kendaraan yang digunakan sebagai platform untuk ratusan kegunaan. Catatan khusus: pada tahun 1949-1964, kendaraan Jeep® secara utuh atau sasisnya digunakan pada semua mesin pelaburan es Zamboni®. Pada tahun 1949, Model A menyelesaikan pekerjaan yang biasanya memakan waktu lebih dari satu setengah jam dalam 10 menit saja.

CJ-2A yang diluncurkan pada tahun 1945 adalah versi MB yang mengalami banyak modifikasi (MSRP: $1.090) dengan embos "Willys" pada sisi kap dan bingkai kaca depannya. Kendaraan ini ditawarkan kepada publik dengan peredam kejut dan pegas yang lebih baik, jok yang lebih empuk untuk menambah kenyamanan, perbaikan transmisi dan rasio gigi diferensial tengah yang memungkinkan kendaraan menarik beban dalam kecepatan rendah dan mencapai kecepatan 60 mil/jam (96,5 km/jam) di jalan raya, kopling yang lebih kuat, pendinginan yang lebih baik, tutup bak belakang, ban cadangan yang terpasang pada sisi bodi, lampu utama yang lebih besar 7 inci (17,7 cm), tutup bahan bakar eksternal, kerangka yang diperkuat agar lebih kaku, serta pembersih kaca depan otomatis pada sisi pengemudi.

CJ-1 dan CJ-2 (1944-1945) adalah model praproduksi yang terkenal dengan emblem kap berbahan perunggu cor bertuliskan "AGRIJEEP". Model ini digunakan di stasiun uji pertanian di penjuru negeri.

1946

KISAH WILLYS WAGON

Kendaraan ini adalah mobil station wagon Amerika pertama yang seluruhnya terbuat dari baja. Willys Wagon memulai debutnya pada bulan Juli 1946 sebagai Jeep® Station Wagon model 463 dengan cat tiga warna yang menonjolkan kesan bak "mobil kayu". Kendaraan baja serbaguna dan bebas perawatan ini tahan terhadap pelapukan, pengelupasan, atau suara deritan yang biasa dijumpai pada "mobil kayu" kuno.

Tutup bak belakang Wagon yang dapat dilipat ke bawah merupakan inovasi pada zamannya dan diakui sebagai asal dari "variasi tutup bak belakang".

Pada masa itu, sebagian besar mobil station wagon dapat mengangkut kayu lapis berukuran 4x8 feet (1,2x2,4 meter) secara horizontal - namun, hanya Willys yang dapat mengangkutnya secara vertikal. Interior mobil ini mampu "dibersihkan secara mudah seperti menggosok wastafel dapur! " Consumer Reports edisi Oktober 1950 menyatakan bahwa "Willys Station Wagon tidak tertandingi di bidangnya jika digunakan sesuai fungsinya … Mobil ini berfungsi dengan baik dan mampu melaksanakan tugasnya dengan sangat prima."

Willys Wagon juga tersedia dalam model angkutan komersial — Sedan Delivery (Angkutan Sedan), Panel Delivery (Angkutan Panel), atau Utility Delivery (Angkutan Serbaguna) — dengan sisi belakang yang tertutup dan pintu belakang vertikal.

Pada tahun 1949, penggerak empat roda ditambahkan pada Willys Wagon, menjadikannya sebagai cikal bakal Grand Cherokee (WK). Mobil Wagon yang dirancang Brooks Stevens ini diproduksi hampir selama 20 tahun — lebih lama dari mobil kontemporer Amerika lain pada zamannya.

1947

KISAH TRUK WILLYS

Iklan awal yang mempromosikan "Truk 'Jeep' baru merupakan berita terbesar dalam bidang kendaraan tugas menengah." Model berpenggerak dua dan empat roda awalnya dipasarkan bagi petani modern. Truk pikap dengan jarak sumbu roda 118 inci (299,7 cm) ini dikenang sebagai upaya perdana Willys-Overland demi memperkaya keragaman merek Jeep® selain kendaraan dengan sepatbor datar bersumbu roda pendek.

Truk Jeep® tersedia dalam model berpenggerak dua dan empat roda, dapat dipasangi bak pikap, bak truk berpalang, sasis atau kabin, ataupun sasis terbuka. Pada akhir tahun 40-an, hadir pikap dengan penggerak empat roda — fitur yang tidak tersedia pada truk Chevy atau Ford hingga 1957 dan 1959.

Banyak komponen Jeep® Truck yang sama dengan Willys Wagon, khususnya mesin Go Devil, mesin "Super Hurricane" 72 dk dengan enam silinder berkonfigurasi L pada model sebelumnya, serta mesin "Tornado" yang dipasang pada versi lebih baru.

Truk Jeep® diproduksi dengan sedikit perubahan pada lembaran logam yang dipakai hingga digantikan oleh pikap Gladiator pada tahun 60-an.

 

1948

KISAH JEEPSTER

Jeepster (VJ) adalah kendaraan dengan bodi bergaya kereta terbuka terakhir yang diproduksi oleh pabrikan otomotif A.S. ini. Kendaraan ini menggunakan tirai samping untuk melindungi penumpang dari sengatan cuaca, alih-alih jendela yang dapat diturunkan.

Brooks Stevens, perancang kenamaan Willys-Overland, bermaksud merancang Jeepster sebagai mobil sport Amerika yang terjangkau. Sayangnya, ketika diluncurkan harganya mencapai sekitar US$1.900, jumlah yang luar biasa mahal pada eranya.

Meskipun dipasarkan sebagai mobil sport, performa Jeepster dirasa kurang garang – sehingga angka penjualannya pun rendah.

Berbeda dengan CJ-2A, Jeepster dipromosikan sebagai kendaraan yang cocok bagi pengemudi wanita dan orang-orang terpelajar. Banyak pengemudi di pinggiran kota yang mengendarai Jeepster hanya untuk "dipamerkan", atau sebagai mobil cadangan. Awalnya, Jeepster ditawarkan dengan mesin "Go-Devil". Pada akhirnya, mobil ini dilengkapi mesin enam silinder "Hurricane" berkapasitas 161 kubik inci, namun tidak pernah ditawarkan dalam varian penggerak empat roda.

Sekarang ini, Jeepster telah menjadi barang koleksi bersertifikat dan dianggap sebagai mobil yang melambangkan Pencapaian.

Pada tahun 1971, T.Rex (grup musik glam-rock asal Inggris) memberikan penghormatan pada Jeepster melalui sebuah lagu dengan judul yang sama pada album hits mereka, Electric Warrior. Lirik lagu tersebut berujar, "Girl, I'm just a Jeepster for your love".

 

1949

KISAH JEEP® CJ-3A

Banyak orang menganggap CJ-3A sebagai bapak kendaraan rekreasi. CJ-3A yang dikenalkan pada penghujung 1948 ini sangat mirip dengan model sebelumnya, namun menghadirkan penyempurnaan dari CJ-2A yang meliputi; kaca depan tunggal dengan ventilasi bawah dan pembersih kaca ganda yang terpasang di bawah, transmisi dan diferensial tengah yang lebih kuat, serta poros belakang Spicer 44-2 yang lebih kekar.

Mesinnya sekilas identik dengan 2 seri lainnya, yaitu" Go-Devil," namun mobil ini dilengkapi piston serta jarak antara katup dan setelan katup yang diperbaiki, serta flywheel yang berbeda. Ruang lutut dan kaki bagi penumpang di depan menjadi lebih lega (ruang bagi penumpang belakang dikurangi).

Versi untuk bidang pertanian ditawarkan dari 1951-1953 dan menyajikan opsi yang diidam-idamkan kebanyakan petani pada saat itu, antara lain pengangkat hidrolik, pembatas kecepatan mesin, batang sambungan penarik, pelindung poros diferensial, serta pegas tugas berat. Unit Pemindah Daya pada bagian belakang dan beban bumper depan merupakan pilihan opsional.

Jeep® Tractor adalah versi terbuka dari CJ-3A. Mobil dengan rangka terbuka ini hanya memiliki satu jok dan tanpa lampu, peredam kejut depan, klakson, tutup bak belakang, atau kaca depan mobil. Jeep® Tractor dilengkapi dengan pengangkat hidrolik 3 titik serta batang sambungan penarik - hadir dengan penuh keberanian!

CJ-3A mudah dibedakan dari CJ-2A berdasarkan kaca depan tunggalnya.

 

1950

KISAH JEEP® M38 (MC)

M38, atau Willys Model MC, yakni versi CJ-3A yang dikhususkan bagi peperangan, merupakan kendaraan Jeep® pertama yang diproduksi selepas PD II.

M38 mengusung beberapa perubahan utama termasuk: kerangka dan suspensi yang lebih kuat. Kendaraan ini dapat dikemudikan dalam keadaan terendam air sepenuhnya, berkat sistem pengapian 24-volt tahan air (menggantikan sistem 6-volt milik CJ-3A), serta sistem tabung ventilasi unik yang menghubungkan tangki bahan bakar, diferensial tengah, transmisi, dan mesin menuju pembersih udara.

Jeep® CJV-35/U edisi tahun 1950, turunan dari M38, merupakan produksi pertama Jeep® 4x4 dengan kemampuan bawaan pabrik untuk menerobos dalamnya air. CJV-35/U utamanya diciptakan untuk Korps Angkatan Laut Amerika Serikat.

Model berikutnya disertai dengan tambahan lampu cadangan, pelindung lampu utama, dan mampu mengangkut peralatan di bagian samping M38, seperti halnya Willys MB yang orisinal. M38 juga dikenal "kendaraan terbaik di antara kendaraan bersepatbor datar".

M38 menjadi kendaraan kehormatan yang mengabdi selama Perang Korea, bersama variasi seri 38 lainnya.

1952

KISAH JEEP® M-38A1 (MD)

M-38A1, atau yang lebih dikenal sebagai MD, adalah kendaraan yang rancangannya menjadi inspirasi CJ-5 klasik. M-38A1 menonjolkan dua kaca depan terpisah, jarak sumbu roda yang lebih panjang, pengendaraan yang lebih halus, mesin yang lebih kuat, serta bodi baru yang lebih bundar. Kendaraan"Jeep®" bersepatbor bulat  tersebut pada akhirnya menjadi dasar rancangan CJ-5.

Pada tahun 1951, Museum of Modern Art mengumumkan bahwa Jeep® 4x4 merupakan ikon budaya dan mendapat kehormatan sebagai salah satu dari delapan mahakarya otomotif. Pada tahun 2002, sebuah Willys M-38A1 edisi 1952 ditambahkan dalam koleksi permanen kendaraan yang berpengaruh, yang dijabarkan sebagai "Jeep terbaik yang pernah diciptakan."

M-38A1C, Jeep® 4x4 Angkatan Darat yang dimodifikasi khusus dan diproduksi sepanjang tahun 1971 ini dirancang untuk mengangkut senapan tanpa rekoil berkaliber 106mm dan 105mm. Lubang khusus pada kaca depan membuat laras senapan dapat diletakkan di atas kap depan.

Apakah kendaraan "Jeep®" paling hebat yang pernah diciptakan? Sebagian akan menjawab M-38A1D — kendaraan tersebut dilengkapi dengan peluncur misil Davy Crocket yang dapat menembakkan hulu ledak nuklir. Penggunanya dapat meluncurkan proyektil atomik berukuran 279mm dengan kekuatan ledakan 1-Kiloton sejauh 2.000 meter menggunakan pelontar tanpa rekoil berkaliber 120mm bawaannya.

M-38A1 adalah salah satu kendaraan Jeep® militer yang bertahan paling lama. Banyak orang menjulukinya sebagai "kendaraan"Jeep® militer asli yang terakhir.

1953

JEEP® M-170

Jeep® M-170 dapat dipasangi sejumlah variasi bodi yang berbeda. Salah satunya adalah kendaraan ringan pengangkut pasukan. Karena dapat mengangkut pasukan yang terluka, M-170 banyak digunakan sebagai ambulans di medan perang.

Prototype Ambulans dengan penggerak empat roda dan jarak sumbu roda yang panjang dirilis untuk Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1951 untuk pengujian (dinamai project 6396). CJ-4MA-01 (awalnya dikenal sebagai Model MC-A) mengusung sepatbor datar berpelindung, pintu penumpang yang besar, dan ruang belakang yang lebih panjang. Kendaraan ini menjadi jembatan yang menghubungkan M-38 bersama M-38A1 bersepatbor bundar.

1954

KISAH JEEP® CJ-3B

Willys melakukan pembaruan besar-besaran untuk jajaran CJ pada 28 Januari 1953 dengan merilis CJ-3B — CJ pertama dengan gaya yang jauh berbeda dengan pendahulunya dari dunia militer, Willys MB. CJ-3B menonjolkan kap mesin yang lebih tinggi untuk mengakomodasi mesin "Hurricane" "berkonfigurasi F" yang lebih besar.

Keluhan utama bagi CJ-2A dan CJ-3A bisa dipastikan mengenai kurangnya daya. Mesin baru ini menghentikan keluhan tersebut. Mesin berkatup bubungan gaya "konfigurasi F" ini dirancang oleh Barney Roos. Mesin ini menghasilkan daya kuda 25% lebih kuat dan torsi 9% yang lebih mengesankan.

Sumber daya baru ini dipasangkan dengan diferensial tengah baru yang dirancang untuk menghadirkan waktu hidup yang lebih panjang dan kerja mesin yang lebih senyap.

Masa produksi CJ-3B berjalan selama 15 tahun. Pada tahun 1968, mobil ini terjual sebanyak lebih dari 155.000 unit. Selain itu, satu unit CJ-4 diproduksi pada tahun 1951, yang merupakan kombinasi antara seri M38 dan CJ-5 yang akan datang.

1955

KISAH JEEP® CJ-5

Pada tanggal 11 Oktober 1954, Kaiser mengumumkan debut Jeep® CJ-5, dan mengusung baris rancangan yang lebih halus, termasuk kontur bodi yang lebih bundar berdasarkan M-38A1 edisi 1952 pada era Perang Korea. CJ-5 lebih unggul dalam berbagai bidang: dinilai lebih kuat, lebih nyaman, lebih serbaguna, dan lebih baik dalam mengatasi medan berat.

Mobil ini sedikit lebih besar daripada CJ-3B karena dilengkapi jarak sumbu roda dan panjang keseluruhan yang lebih besar. Peningkatan pada mesin, poros, transmisi, dan jok yang lebih nyaman membuat CJ-5 dengan jarak sumbu roda 81 inci (206 cm) menjadi kendaraan ideal untuk memenuhi animo masyarakat dalam memiliki kendaraan medan berat.

Yang menggemparkan pada tahun 1965 adalah mobil ini dilengkapi dengan mesin "Dauntless" V6 yang menghasilkan 155 dk dan 225 lb-ft (334,8 kg/m). Mesin V6 ini bertenaga hampir dua kali lipat dari mesin empat silinder pada umumnya. Sejak tahun 1973, seluruh mobil CJ Jeep® dibekali dengan mesin V-8 buatan AMC sebesar 304 atau 360 kubik inci.

CJ-5 menjadi kendaraan Jeep® yang paling lama diproduksi, yakni selama tiga puluh tahun. Selain itu, di bawah kepemilikan Kaiser selama enam belas tahun, pabrik manufaktur kendaraan Jeep® dibangun di tiga puluh negara asing, dan Jeep® sendiri telah dipasarkan ke lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

Sejumlah edisi spesial ditawarkan pada masa itu, termasuk Tuxedo Park "Luxury" edisi tahun 1964-1967, Camper edisi 1969, "462" edisi 1969, Renegade I edisi 1970, Renegade II edisi 1971, Golden Eagle edisi tahun 1972-1983, serta Super Jeep edisi tahun 1973 dan 1976. Truk DJ-5 versi penggerak dua roda tersedia sepanjang tahun 1974. Dengan reputasi serta popularitasnya yang melegenda, CJ-5 mungkin telah menempuh jarak lebih jauh jika dibandingkan dengan kendaraan Jeep® mana pun.

1956

KISAH JEEP® CJ-6

Keluhan yang biasanya dilontarkan oleh pemilik kendaraan CJ seri awal adalah kurangnya ruang bagi penumpang dan perangkat. Willys Motor menjawab keluhan tersebut dengan meluncurkan CJ-6. CJ-6 pada dasarnya merupakan CJ-5 dengan jarak sumbu roda 20 inci (51 cm) lebih panjang (101 inci/256,5 cm). CJ-6 memadukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, kenyamanan yang disempurnakan, serta kemampuan yang lebih baik dalam menempuh medan berat.

Versi komersial dengan penggerak dua roda disebut DJ-6. Versi ekspornya terus diproduksi hingga 1981. Pada tahun 1957, Jeep®  juga mengenalkan ragam desain truk dengan mesin di bawah kabin dalam lineup produk CJ.

AMC melengkapi CJ-6 dengan poros lebih berat, rem lebih besar, serta bodi lebih lebar. Pada tahun 1965, mesin baru "Dauntless" V6 dikenalkan sebagai pilihan bagi kendaraan CJ-5 dan CJ-6. Mesin V6 menghasilkan 155 dk hampir menggandakan daya kuda mesin empat silinder pada umumnya. Sejak tahun 1973, seluruh mobil CJ Jeep® dibekali dengan mesin V-8 buatan AMC sebesar 304 atau 360 kubik inci.

Model Tuxedo Park dengan lis berlapis kromium dihadirkan pada tahun 1964 hingga 1967. Mesin diesel Perkins I-4 sebesar 192 kubik inci merupakan pilihan mesin yang tersedia (seperti pada CJ-5) dari tahun 1961 hingga 1969. Kemudian, AMC melengkapi CJ-5 dan CJ-6 dengan poros lebih berat, rem lebih besar, serta bodi lebih lebar. CJ-6 sangat dielu-elukan oleh para kolektor.

1957

KISAH JEEP® FC-150

Dengan perpindahan drastis dari rancangan sebelumnya, Willys Motor menyingkap seri truk penggerak empat roda Jeep®  dengan Mesin di Bawah Kabin yang menghadirkan manuver tinggi miliknya. Daya kuda lincah ini dipunggawai rancangan mesin di bawah kabin yang unik, sehingga mobil ini memiliki tampilan tanpa kap dan bermoncong pendek. Meskipun penataan gaya "mesin di bawah kabin" hanya memiliki sedikit kesamaan dengan rancangan bodi kendaraan Jeep® tradisional, FC-150 sebenarnya dirakit di atas sasis CJ-5 yang telah ada.

Pada dasarnya merupakan truk kerja - Jeep® dengan mesin di bawah kabin ini diproduksi dengan dua model: FC 150 dengan jarak sumbu roda sepanjang 81 inci (206 cm) dan mesin empat silinder berkonfigurasi F, serta FC 170 dengan jarak sumbu roda 103,5 inci (263 cm) dan mesin enam silinder berkonfigurasi L.

Kedua model tersebut mencakup pikap, bak truk berpalang, kabin & sasis, dan beragam kendaraan edisi khusus. FC-170 juga tersedia dalam versi kendaraan tugas berat dengan roda belakang ganda.

"Lebih banyak ruang kargo! Dengan jarak sumbu roda yang lebih kecil! Serta dapat dikendarai 'ke mana saja'!" merupakan fitur yang disenandungkan oleh iklan FC pada waktu itu. Memang benar, dengan kendaraan FC-150/170, para pekerja dan petani memiliki kendaraan yang dapat pergi ke mana saja (berkat jari-jari belokan sepanjang 18 feet [5,4 m]) sembari mengangkut beban berat.

Seri FC amat tenar sebagai truk yang nyaman—bak truknya yang luar biasa rendah memudahkan pemiliknya untuk mengangkut dan menurunkan muatan—dan sangat populer di pasar mancanegara.

1958

KISAH JEEP® FC-170

Dengan perpindahan drastis dari rancangan sebelumnya, Willys Motor menyingkap seri truk penggerak empat roda Jeep®  dengan Mesin di Bawah Kabin yang menghadirkan manuver tinggi miliknya. Daya kuda lincah ini dipunggawai rancangan mesin di bawah kabin yang unik, sehingga mobil ini memiliki tampilan tanpa kap dan bermoncong pendek. Meskipun penataan gaya "mesin di bawah kabin" hanya memiliki sedikit kesamaan dengan rancangan bodi kendaraan Jeep® tradisional, FC-170 sebenarnya dirakit di atas sasis CJ-5 yang telah ada.

Pada dasarnya merupakan truk kerja - Jeep® dengan mesin di bawah kabin ini diproduksi dengan dua model: FC-150 dengan jarak sumbu roda sepanjang 81 inci (206 cm) dan mesin empat silinder berkonfigurasi F, serta FC-170 dengan jarak sumbu roda 103,5 inci (263 cm) dan mesin enam silinder berkonfigurasi L.

Kedua model tersebut mencakup pikap, bak truk berpalang, kabin & sasis, dan beragam kendaraan edisi khusus. FC-170 juga tersedia dalam versi kendaraan tugas berat dengan roda belakang ganda.

"Lebih banyak ruang kargo! Dengan jarak sumbu roda yang lebih kecil! Serta dapat dikendarai 'ke mana saja'!" merupakan fitur yang diklaim oleh iklan FC pada waktu itu. Memang benar, dengan kendaraan FC-150/170, para pekerja dan petani memiliki kendaraan yang dapat pergi ke mana saja (berkat jari-jari belokan sepanjang 18 feet [5,4 m]) sembari mengangkut beban berat.

Seri FC amat tenar sebagai truk yang nyaman-bak truknya yang luar biasa rendah memudahkan pemiliknya untuk mengangkut dan menurunkan muatan-dan sangat populer di pasar mancanegara.

Jenis ini tidak diubah selama masa produksi, kecuali pada tahun 1959 saat FC-170 ditambah dengan pegas belakang HD yang memaksimalkan GVW hingga 3.628 kilogram: selain itu, sejumlah seri 170 pada tahun 1967 dilengkapi dengan roda belakang ganda serta pilihan transmisi manual dengan empat kecepatan yang meningkatkan GVW hingga 4.082 kilogram; beberapa kendaraan FC produksi tahun 1959-1960 hadir dengan poros depan dan belakang yang mengapung penuh.

1959

KISAH JEEP® DJ-3A

CJ-3A adalah satu-satunya versi penggerak dua roda dari Jeep® "Dispatcher"yang tersedia dalam model hardtop, Soft Top konvertibel, dan dengan atap setengah- serta model atap penuh. Kendaraan ini dijuluki sebagai DJ-3A. Kendaraan ini tersedia dengan atau tanpa tutup bak belakang. Fitur khusus lainnya ialah empat roda mencolok dan pemindah gigi pada batang kemudi.

Model Surrey Gala tahun 1959-1964 dengan rumbai di sekeliling Soft Top-nya diperkenalkan kepada khalayak dengan fungsi utama sebagai kendaraan sewaan untuk berlibur di destinasi resor tropis yang populer.

Surrey, konon merupakan model Jeep® paling norak yang pernah ada, tersedia dalam tiga perpaduan warna yakni Tropical Rose dan Coral Mist, Jade Tint Green, dan Glacier White, serta Cerulean Blue dan Glacier White, dengan interior bergaris yang senada serta atap motif garis dengan rumbai-rumbai.

Hanya 1.083 Surreys yang diproduksi pada masa itu, sehingga model ini sangat dicari oleh para kolektor masa kini.

1961

KISAH FLEETVAN

Willys Motors memperkenalkan Fleetvan berpenggerak dua roda yang dirancang untuk kerja ringan serta penggunaan kendaraan yang sering berhenti, seperti pengiriman pos dan truk es krim. Serbaguna adalah kata kunci platform FJ ini. Fleetvan ini dirakit pada platform DJ-3A Dispatcher yang diperkuat dan dipelihara dengan ketangguhan yang sama seperti "Jeep" berjarak sumbu roda 81 inci (205,7 cm) dan menggunakan mesin Hurricane F-134 berkonfigurasi F. Seri FJ merupakan kendaraan yang efisien, tangguh, dan bermanuver tinggi.

Pijakan van menggunakan pintu geser yang memudahkan penumpang untuk masuk dari kedua sisi. Penggunaan maksimum dari kaca depan mobil memungkinkan pengemudi untuk melihat ke "segala penjuru" berkat rancangan mesin di atas kabinnya. Versi pertama ialah model kendaraan yang dikemudikan di sisi kanan bagi Kantor Pos Amerika Serikat yang memungkinkan pengemudi mengoperasikan kendaraan sambil berdiri demi memudahkan pengoperasian.

FJ-3A yang berukuran sedikit lebih panjang memiliki julur panjang dengan ukuran keseluruhan sepanjang 154 inci (391,1 cm) (dibandingkan dengan FJ-3 berukuran 135 inci atau 343 cm).

Pada tahun 1965, versi baru FJ-6 dirakit pada platform CJ-6. Pada tahun 1975, van seri FJ-8 berbobot 3/4 ton dan seri FJ-9 untuk Layanan Pos dirakit oleh AM General serta menggantikan FJ-6.

1963

KISAH JEEP® WAGONEER

Pada tahun 1962, Jeep®  memperkenalkan Wagooner sebagai model 1963 — bapak dari semua kemewahan SUV 4x4. Wagoneer yang menggeser lineup wagon serbaguna Willys ini dirancang untuk menyuguhkan penataan, kenyamanan, dan kemudahan mobil penumpang dengan keunggulan layaknya kendaraan berpenggerak empat roda (4WD).

Wagooner revolusioner ini dipadati dengan inovasi dan industri yang serba perdana: transmisi otomatis pertama pada kendaraan 4X4; truk dengan mesin bubungan 6 silinder pertama; kendaraan 4X4 dengan suspensi depan independen pertama; sistem 4WD berkelanjutan otomatis yang pertama. Sistem 4WD revolusioner Quadra-Trac®  yang diperkenalkan pada tahun 1973 hadir dalam truk dan wagon Jeep berukuran besar, serta pada CJ-7 selanjutnya.

Wagoneer yang ditata oleh perancang industri ternama Brooks Steven ini menangkap imajinasi publik dengan penataan modern dan penampilan yang apik. Keseluruhan lini kendaraan "Senior" (SJ) meliputi Gladiator dan Truk Seri J, Wagon Wagooner Station, Panel Pengiriman, serta model Cherokee awal.

Lineup SJ yang diproduksi lebih dari 28 tahun ini hanya mengalami sedikit perubahan teknis dan masa berakhirnya produksi menandai perjalanan produksi otomotif terpanjang yang terus menerus berlangsung, pada platform yang sama, dalam sejarah otomotif Amerika Serikat.

Pada tahun 1984, Wagooner diproduksi ulang dengan nama Grand Wagoneer yang bertepatan dengan diperkenalkannya model Wagoneer dan Cherokee (XJ) yang lebih ramping.

1964

KISAH TRUK JEEP® GLADIATOR / SERI J

Pada tahun 1962, lineup "J" terbaru dari truk Jeep® Gladiator diperkenalkan untuk model tahun 1963. Truk pikap Gladiator berukuran besar ini memiliki kesamaan platform, penataan bagian terdepan, dan penggerak layaknya Wagooner.

Gladiator hadir dalam bentuk 120 inci (304,8 cm) (J-200) atau 126 inci (320 cm) (J-300), serta memiliki diferensial tengah Dana 20 dan diferensial depan serta belakang dari Dana 44. Suspensi depan independen yang lebih kukuh disuguhkan dalam truk setengah ton ini hingga 1965, namun menggunakan diferensial depan 44IFS yang telah diperkuat.

Konfigurasi yang tersedia meliputi: Thriftside (kotak sempit), Townside (kotak lebar), Sasis atau Kabin; Bak Truk Berpalang; Derek; dan tenda yang dipasangi Sasis dengan jarak sumbu roda tambahan.

Pada akhir tahun 1965, Gladiator J-200 dan J-300 masing-masing dikenal sebagai J-2000 serta J-3000. Nama Gladiator sendiri dicetuskan pada tahun 1971, setelah lini pikap sebelumnya dikenal sebagai seri J hingga 1987.

Pada tahun 2005, konsep baru Gladiator diperkenalkan sebagai prototipe bagi arah perkembangan yang mungkin diambil merek Jeep® pada masa depan.

1965

KISAH TUXEDO PARK IV

Jeep® CJ-5A/CJ-6A Tuxedo Park Mark IV merupakan edisi spesial kendaraan mewah yang diproduksi antara 1964 hingga 1967. Model Tuxedo Park hadir dalam seri CJ-5A dan CJ-6A. Seri ini memiliki bumper depan kromium, lambang Jeep pada kap, engsel kaca depan, lampu belakang, dop roda dengan emblem "Jeep", pemindah gigi, penggerak empat roda, dan pilihan mesin V-6 berkekuatan 160 daya kuda. Jeep® CJ-5A Tuxedo Park telah digunakan dalam pawai pelantikan presiden Lyndon B. Johnson pada tahun 1965.

1966

KISAH TRUKJEEP® J-2000 / J-3000

Pada akhir tahun 1965, Jeep® Gladiator J-200 dan J-300 masing-masing dikenal sebagai seri J-2000 serta J-3000. J-2000 dilengkapi dengan sumbu roda 120 inci (305 cm), sedangkan J-3000 memiliki jarak sumbu roda sepanjang 126 inci (320 cm). Keduanya tersedia dalam konfigurasi dengan penggerak dua atau empat roda.

Truk Seri J menyuguhkan dua mesin hebat: Jeep Hi-Torque 6 yang menjadi standar saat ini dan Vigilante V-8 opsional. Anda dapat menikmati transmisi otomatis Turbo-Hydra-Matic®  dengan sistem perpindahan 4WD terbaru yang lebih prima dan diferensial tengah dengan jangkauan ganda, kemudi mutakhir, pilihan kemudi daya (power steering) berkelanjutan, tingkat pegas belakang yang bervariasi ... serta pilihan warna dan lis yang lebih menarik.

Pada tahun 1968, Truk J-3000 (126 inci/320 cm) dilengkapi poros depan Dana 44 dan Dana 53 gagah dengan perbandingan roda gigi standar sebesar 4,27:1 serta mesin "Dauntless" V8 (Buick) 350 kubik inci dan transmisi dengan 4 kecepatan.

Nama Gladiator disematkan pada 1972.

1967

KISAH JEEP® SUPER WAGONEER

Pada tahun 1965, Jeep® memperkenalkan Super Wagoneer yang disempurnakan - pionir kendaraan 4x4 dengan kemewahan yang sesungguhnya. Wagooner yang juga dikenal dengan "Super Custom" ini merupakan kendaraan kelas atas yang dirancang bagi pembeli bergengsi yang mendambakan fleksibilitas tangguh dengan kenyamanan ala sedan. Kendaraan ini menyuguhkan kemampuan diferensial tengah berkecepatan tunggal yang mampu digunakan pada segala cuaca.

Super Wagooner menggunakan berbagai fitur premium yang meliputi: pendingin udara, tutup bak belakang elektrik, rem elektrik, kemudi daya (power steering), roda kemudi yang dapat dinaik-turunkan dalam tujuh posisi, kaca film, motif garis tiga warna pada bodi mobil, atap vinil, atap vinil berpelapis dengan rak atap kromium, dop roda penuh, ban berdinding putih, mesin "Vigilante" V8 (270 dk) empat barel sebesar 327 kubik inci nan andal dengan transmisi otomatis "Turbo Hydra-Matic" TH-400 bertuas konsol - yang tersedia pada semua model.

Dengan tingginya standar perangkat kendaraan ini, Super Wagooner membuka jalan bagi perkembangan pasar SUV mewah pada masa kini. MSRP seharga US$5.943 hampir dua kali lipat dari Wagoneer standar, sehingga membedakannya dari kendaraan lain di pasar.

Tahun 1975 menandai kemunculan "penggunaan kayu dan ornamen tekstur kayu, yakni tampilan yang identik dengan Wagoneer yang diluncurkan berikutnya.

 

KISAH M-715

Jeep® seri M-715, yakni kendaraan militer berbobot 1 1/4 ton ini dirancang untuk menggantikan seri M37 Dodge berbobot 3/4 ton yang telah mengabdikan diri pada tugas militer sejak 1951. M-715 merupakan adaptasi truk pikap Gladiator yang menjadi kendaraan taktis pertama yang sebagian besar dirakit dari komponen sipil.

M-715 menggunakan mesin "Tornado" I-6 dengan 6 silinder yang berderet, transmisi 4 gigi T-98, diferensial tengah NP200 dengan jangkauan rendah, serta poros depan Dana 60 dan poros belakang Dana 70 yang mengapung sepenuhnya dengan rasio poros sebesar 5,87:1. Kecepatan tertingginya adalah 55 mil/jam (88,5 km/jam).

Grill depan sepatbor, kap, pintu, dan kabin seluruhnya dibuat dari cetakan Gladiator dengan mengubah bagian atas kabin serta pintu, begitu juga dengan potongan bodi sepatbornya. Boks kargonya sepenuhnya bermodel militer.

M-715 hadir dalam beberapa variasi yang seluruhnya dirakit dalam kerangka dan jarak sumbu roda yang sama: model sasis kabin M-724 dilengkapi dengan pengelas, pembangkit daya, dan mesin derek seberat 8000 pound (3628 kg); ambulans militer standar M-725, truk perawatan telepon M-726 dengan mesin derek PTO seberat 8000 pound (3628 kg), serta lampu sorot yang dipasang pada sudut kiri penutup mesin.

Lembaga pemerintah nonmiliter, seperti departemen pemadam kebakaran, kehutanan, dan perikanan / olahraga juga menggunakan M-715.

 

KISAH JEEPSTER COMMANDO STATION WAGON

Pada akhir tahun 1960-an, Kaiser mendeteksi peningkatan minat penggunaan kendaraan 4WD ketika bersantai, dan peluang ini dimanfaatkan dengan mengenalkan seri baru bertajuk Jeepster Commando. Kaiser Jeep meminjam nama Willys Jeepster dan Truk Pemadam Kebakaran Willys Commando untuk kendaraan gagah yang dirancang untuk bersaing dengan Bronco serta Land Cruiser.

Commando yang dirilis menggunakan promosi iklan bernuansa keriaan masa muda di tepi pantai ini merupakan kendaraan ringkas 4WD pertama dengan transmisi otomatis dan memamerkan rancangan "interior yang dirancang untuk mengelola elemen kendaraan serta memukau para gadis di pantai."

C-101 (yang memiliki jarak sumbu roda 101 inci/256,5 cm) dirakit pada sasis CJ-6 dengan empat pilihan bodi - roadster, pikap, atap konvertibel elektrik, dan station wagon (8705F).

Versi awal Commando yang lama menjadi favorit penggemar Jeep®  ini hadir dengan berbagai komponen unggulan, termasuk "Dauntless" V6, transmisi TH400 opsional, dan poros depan Dana 27 serta poros belakang Dana 44 yang mengapung penuh.

Kendaraan "Jeep®" terlangka dari yang terlangka adalah Commando"Hurst Special tahun 1971, hasil promosi bersama AMC / Hurst yang dilengkapi pemindah gigi dual Hurst, lubang ventilasi kap ABS, takometer balap hingga 8.000 rpm, serta motif garis eksterior berwarna merah dan biru khas mobil reli. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak kurang dari 100 unit dan sangat diincar di kalangan kolektor Jeep.

Terdapat dua versi yang pernah dirakit: Jeepster Commando (C-101) edisi 1967-1971 dan Commando (C-104) edisi 1972-1973 yang terinspirasi dari AMC (dan menghilangkan Jeepster dari namanya). Jeep juga memproduksi sejumlah edisi khusus Jeepster Commando. Jeep memproduksi SC-1 atau Sport Commando pada 1971, yang hadir dengan bawaan mesin V6 dan berbalut cat "Butterscotch" spesial serta motif garis "khas mobil balap."

Versi serupa dengan perbaikan pada lembar logam dihadirkan pada 1972 dengan nama SC-2. Bagian terdepan Commando dibenahi ulang pada 1972 untuk mengakomodasi mesin AMC 232 dan OHV 258 dengan enam silinder serta mesin V-8 304. Banyak yang menduga bahwa absennya grill (kisi-kisi) tradisional Jeep® menjadi akhir perjalanan Commando.

 

KISAH JEEPSTER COMMANDO CONVERTIBLE

Jeepster Convertible (C-101) dirakit pada sasis CJ-6 dengan empat pilihan bodi — roadster, station wagon, pikap, dan atap konvertibel elektrik.

Commando yang dirilis menggunakan promosi iklan bernuansa keriaan masa muda di tepi pantai ini merupakan kendaraan ringkas 4x4 pertama dengan transmisi otomatis dan memamerkan rancangan "interior untuk mengelola elemen kendaraan serta memukau para gadis di pantai".

Dirancang serupa dengan Jeepster tahun 1950-an, Jeepster konvertibel "klasik" edisi 1967 yang mirip (model 8701) ini dilengkapi dengan cat dua warna, atap yang dapat dilipat, serta Continental Kit. Atap yang dapat dioperasikan secara manual merupakan bagian standar pada mobil konvertibel, dengan tombol tekan elektro-hidrolik sebagai perangkat opsional. Plain Jane atau model "sederhana"(8702) tersedia pada 1968 hingga 1971.

 

KISAH PIKAP JEEPSTER COMMANDO

Jeepster Commando (C-101) dirakit pada sasis CJ-6 dengan empat pilihan bodi - roadster Soft Top, station wagon, atap konvertibel elektrik, dan pikap (model 8705H untuk setengah kabin yang terbuat dari logam serta 87050 untuk model tanpa atap).

Versi awal Commando dengan jarak sumbu roda 101 inci (253,5 cm) yang lama menjadi favorit penggemar Jeep®  ini hadir dengan berbagai komponen unggulan, termasuk mesin baru "Dauntless" V6 bertenaga 160 dk, transmisi TH400 dengan pemasangan konsol opsional, dan poros depan Dana 27 serta poros belakang Dana 44 yang mengapung penuh.

Pada tahun 1970, area kargo dibuat seluas 63 inci (160 cm) dan ban cadangan dipasang untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang kargo sembari tetap memberikan pemandangan tak terbatas melalui jendela belakang yang terbuka sepenuhnya.

Suspensi depan meliputi beberapa pegas daun dengan palang stabilisator, sementara suspensi belakang mencakup pegas daun asimetris dengan poros yang dipasang 5 inci di depan pusat poros. Majalah Car and Track menulis "bahwa pengaturan suspensi ini menghadirkan sesi berkendara terbaik dari (kendaraan) Jeep® yang pernah kami kendarai". "Commando lebih halus dan lebih nyaman dari kendaraan 4X4 mana pun yang telah kami uji hingga saat ini."

Pikap Commando merupakan model pekerja keras yang menarik perhatian industri komersial.

1968

KISAH JEEPSTER COMMANDO ROADSTER

Jeepster Commando Roadster (C-101) dirakit pada sasis CJ-6 dan dirujuk sebagai model 8705. Seri ini tersedia dengan Soft Top setengah atau penuh yang dapat dilepas. Kabin setengah yang lembut ini dapat digunakan bersama sekat pemisah.

1969

KISAH TRUK J-4000

Pikap Jeep® Gladiator Seri J-4000 ini dilengkapi klip depan baru dengan jarak sumbu roda 131 inci (333 cm). Kendaraan gagah ini menggunakan 19 bagian luar poros depan Dana 44 dengan poros belakang D44, D53, atau D60. Pembangkit daya standarnya menggunakan mesin V6 232. Pilihan mesin meliputi AMC V8 360 dan AMC V8 401. Pada tahun 1971, Jeep® Gladiator merupakan satu-satunya pikap di AS yang memiliki bawaan standar penggerak empat roda dan sangat cocok digunakan di negara dengan kondisi alam ekstrem.

Pilihan yang tersedia meliputi unit pemindah daya, bak truk sampah, penyapu salju, rangkaian penderek, dan pengait yang ditempatkan di bagian depan.

Edisi Camper Special J-4800 tersedia dengan ruang yang memungkinkan Anda memasang tenda berukuran besar pada bodi truk pikap. Variasi bodi ini memiliki kapasitas muatan sebesar 1783 kg, suspensi kerja ekstra berat, transmisi sinkronisasi menyeluruh dengan empat kecepatan, pendingin kerja berat, dan ban 10 lapis.

1970

KISAH JEEP® DJ DISPATCHER

Jeep® Dispatcher (DJ) adalah versi penggerak dua roda dari seri CJ yang terkenal.

Kendaraan ini menyerupai seri CJ, namun memiliki banyak perbedaan; model ini memiliki bodi yang tertutup, hanya menggunakan penggerak roda belakang (rear wheel drive), serta dilengkapi pintu geser dan pintu ayun belakang.

1971

KISAH COMMANDO HURST EDITION

JEEPSTER COMMANDO HURST EDITION

Salah satu kendaraan Jeep®  terlangka, '71 Commando "Hurst Special" merupakan hasil promosi bersama AMC / Hurst yang dilengkapi pemindah gigi dua baris khas Hurst, lubang ventilasi kap ABS, takometer balap hingga 8.000 rpm, serta motif garis eksterior berwarna merah dan biru khas mobil reli. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 100 unit sehingga menjadikannya sebagai buruan favorit para kolektor.

1972

KISAH TRUK J-10

Pada tahun 1971, Jeep®  berhenti memproduksi truk Gladiator dan mulai menghadirkan model baru J-10 (119-inch/302 cm) atau J-20 (131-inch/333 cm). Penyempurnaan model meliputi rem cakram depan, poros depan baru, roda berpengunci enam, dan kerangka lintas model yang lebih berat.

Semua truk memiliki rancangan bodi yang sama dengan Jeep® Wagoneer dan Cherokee, mulai kabin maju (cab forward), dan ditawarkan dengan badan mobil berjenis slab-side ataupun step-side.

Lini truk pikap Seri J J-10 dilengkapi dengan variasi bodi Honcho, Golden Eagle, dan bodi lis 10-4.

Pada tahun 1976, model Honcho yang lebih populer diluncurkan dan menambahkan harga US$699 yang menggantikan bak standar J-10. Model ini merupakan truk yang setara dengan Cherokee Chief yang berbodi lebar dan tersedia dalam dua versi: dengan pijakan bak Sportside serta Townside.

Honcho dilengkapi dengan motif garis keemasan pada sisi bak truk, sepatbor dan tutup bak belakang, velg spoker 8x15-inch (20x38 cm) dan ban untuk medan berat, interior denim dari Levi's, serta roda kemudi sport. Variasi bodi Laredo tersedia bersama dengan jenis Honcho pada tahun 1980.

Variasi 1977 Golden Eagle yang diproduksi pada tahun 1977-1983 ini dilengkapi dengan pelindung grill (kisi-kisi), lampu kemudi, kerangka pelindung bak pick-up, roda berdiameter 8-inci (20 cm), jok mobil Levi's, aksen motif garis, dan stiker kap bergambar elang - semuanya dapat diperoleh dengan harga $749.

Variasi bodi lis 10-4 diproduksi dari tahun 1974-1983. Variasi bodi 10-4 yang dibuat pada 1978 memiliki variasi warna dan dekorasi paling banyak serta menawarkan radio CB opsional yang dipasang oleh pabrik atas pesanan.

 

JEEP® CJ-5 RENEGADE

Ciri khas model Renegade adalah mesin V8 304 kubik inci (5 liter), rangkaian poros penggerak yang kukuh, velg logam campuran, dan diferensial belakang minim selip dari Trac-Lok®.

Diproduksi sebanyak 600 unit pada tahun 1971, model Jeep® Renegade II tersedia dalam warna Baja Yellow, Mint Green, dan Riverside Orange, masing-masing sebanyak 200 unit. Selain itu, 150 unit tersedia dalam warna Big Bad Orange pada awal produksinya (tidak ditampilkan).

Pada tahun 1976, AMC memperkenalkan kembali "Super Jeep" (sebelumnya tersedia pada tahun 1973). Versi unik dari CJ-5 ini mengusung motif garis spesial pada kap dan joknya, bumper depan kromium, kerangka pelindung, 6 deret pompa OHV 258, sepatbor dengan tambahan lapisan karet hitam, serta ban Polyglas bersisi putih berukuran besar.

1973

JEEP® CJ-5 UNIVERSAL

Bermula pada tahun 1973, semua Jeep® CJ dilengkapi dengan mesin V-8 304-kubik inci atau 360-kubik inci yang dibuat dari AMC. Ciri khas model Renegade adalah mesin V8 304 kubik inci (5 liter), rangkaian poros penggerak yang kukuh, velg logam campuran, dan diferensial belakang minim selip dari Trac-Lok®.

Sejumlah edisi spesial ditawarkan pada masa itu, termasuk Tuxedo Park "Luxury" edisi tahun 1964-1967, Camper edisi 1969, "462" edisi 1969, Renegade I edisi 1970, Renegade II edisi 1971, Golden Eagle edisi tahun 1972-1983, serta Super Jeep® edisi tahun 1973 dan 1976. Truk DJ-5 versi penggerak dua roda tersedia sepanjang tahun 1974. Dengan reputasi serta popularitasnya yang melegenda, CJ-5 mungkin telah menempuh jarak lebih jauh jika dibandingkan dengan kendaraan Jeep® mana pun. CJ-5 merupakan kendaraan dengan masa produksi terpanjang dibandingkan dengan jenis Jeep mana pun, yakni selama tiga puluh tahun.

CJ-5 / Camper dipasarkan sebagai konsep berkemah terbaru. Kendaraan ini menonjolkan pelopor sistem pemisahan unik dalam sejarah industri truk yang memudahkan prosedur pemisahan kemah gandengan.

1974

KISAH TRUK J-20

Pada tahun 1974, Jeep® Trucks berganti nama menjadi model J-10 (119-inch/302 cm) atau J-20 (131-inch/332 cm). Penyempurnaan model meliputi rem cakram depan, poros depan baru, roda berpengunci enam, dan kerangka lintas model yang lebih berat.

J-20 memiliki rata-rata GVW (gross vehicle weight) yang lebih besar ketimbang truk sejenisnya, dengan kisaran "berat" mulai setengah ton hingga lebih dari satu ton, dan bahkan dengan konfigurasi roda belakang ganda.

Pada tahun produksi Seri J, Jeep® juga memproduksi truk seri J-30.

1975

JEEP® CHEROKEE (SJ)

Cherokee baru merupakan versi Wagoneer dua pintu yang lebih sporty dan menonjolkan fitur bucket seats, roda kemudi sporty, serta motif dekorasi semarak yang menarik perhatian pengemudi muda berjiwa petualang.

Pada bulan Februari 1974, Jeep® Cherokee menjadi kendaraan pertama yang meraih  Achievement Award dari majalah Four Wheeler yang kita kenal pada zaman sekarang sebagai penghargaanFour Wheeler of the Year .

Pada tahun 1975, Cherokee hadir dalam dua varian: Cherokee berbodi lebar dengan poros 3 inci (7,6 cm) lebih lebar dan dilengkapi pelindung sepatbor, serta Cherokee dengan poros berukuran normal dan tanpa pelindung sepatbor. Versi Cherokee dengan empat pintu diproduksi pada tahun 1977.

Selain Cherokee standar, variasi bodi pilihan yang ditawarkan selama 9 tahun produksi ini termasuk Cherokee S, Cherokee Chief, Laredo, dan Golden Eagle.

 

KISAH CHEROKEE CHIEF

AMC menghidupkan kembali Wagoneer dua pintu dalam bentuk Cherokee yang berjiwa muda.

Cherokee baru merupakan versi Wagoneer dua pintu yang lebih sporty dan menonjolkan fitur bucket seats, roda kemudi sporty, serta motif dekorasi semarak yang menarik perhatian pengemudi muda berjiwa petualang.

Pada bulan Februari 1974, Jeep® Cherokee menjadi kendaraan pertama yang meraih  Achievement Awarddari majalah  Four Wheeleryang kita kenal pada zaman sekarang sebagaipenghargaan Four Wheeler of the Year.

Pada bulan Januari 1975, Jeep® Cherokee Chief diperkenalkan. Pilihan Wide-Track tersedia dengan fitur interior dan eksterior utama yang disempurnakan: motif garis-garis eksterior, roda lebih besar, poros 3 inci (7,6 cm) lebih lebar, jarak roda depan dan belakang yang lebih panjang, poros depan dan belakang Dana 44, serta interior yang lebih baik. Variasi bodi ini ditawarkan dengan harga US$349 lebih mahal daripada model "S".

Selain Cherokee standar, variasi bodi pilihan yang ditawarkan selama 9 tahun produksi ini termasuk Cherokee S, Cherokee Chief, Laredo, dan Golden Eagle.

1976

KISAH JEEP® J-10 HONCHO

Pada tahun 1976, model Honcho yang lebih populer diluncurkan dan menambahkan harga US$699 yang menggantikan bak standar J-10. Model ini merupakan truk yang setara dengan Cherokee Chief yang berbodi lebar dan tersedia dalam dua versi: dengan pijakan bak Sportside serta Townside.

Honcho dilengkapi dengan motif garis keemasan pada sisi bak truk, sepatbor dan tutup bak belakang, velg spoker 8x15-inch (20x38 cm) dan ban untuk medan berat, interior denim dari Levi's, serta roda kemudi sport.

Variasi bodi Laredo menggeser posisi Honcho pada tahun 1983.

 

KISAH JEEP® CJ-7

Pada tahun 1976, AMC memperkenalkan CJ-7, generasi ketujuh dari kendaraan orisinal mereka dan mengusung perubahan rancangan besar-besaran pertama pada produk Jeep®  dalam 20 tahun.

CJ-7 memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang dari CJ-5 untuk memberikan lebih banyak ruang bagi sistem transmisi otomatis. CJ-7 menonjolkan bukaan pintu persegi dibandingkan dengan bukaan pintu CJ-5 yang lebih bulat. Cara cepat untuk membedakan kedua model tersebut.

Untuk pertama kalinya, CJ-7 menawarkan pilihan atap plastik cetak dan pintu baja.

Model jarak sumbu roda 93,5-inci (237,5 cm) dari CJ-7 dan 83,5-inci (213 cm) dari CJ-5 terus diproduksi hingga tahun 1983 ketika peningkatan permintaan untuk CJ-7 memaksa AMC menghentikan produksi CJ-5, yang juga mengakhiri masa produksi kendaraan tersebut selama 30 tahun.

Renegade diproduksi menyusul variasi CJ-5 "462" edisi 1969, yang sebenarnya merupakan variasi fungsional komponen kinerja seperti ban berukuran besar, kerangka pelindung, rasio gigi yang lebih rendah, dan diferensial minim selip.

Renegade I, yang modelnya didasarkan pada CJ-5 bermoncong pendek dengan mesin V6 Kaiser, memulai debutnya pada tahun 1970. Sama halnya dengan Renegade II. Pada tahun 1972, CJ bermesin AMC dengan moncong panjang memulai debutnya serta Renegade I dan II lebih dikenal sebagai"Renegade."

Sepanjang tahun 1975, variasi bodi Renegade mencakup mesin V8 304-inci (772 cm) dan sejumlah komponen fungsional, seperti roda logam campuran, ban besar, differensial minim selip, dan lain-lain.

1977

KISAH JEEP® GOLDEN EAGLE

Pilihan variasi bodi Golden Eagle seharga US$200 jauh lebih mahal daripada variasi Renegade. Pada awalnya, model ini dilengkapi dengan stiker elang pada kapnya, ban yang lebih besar, Soft Top dari Levi's, roda cadangan yang terpasang di belakang mobil, ujung roda tambahan, kunci roda cadangan, setelan Convenience, setelan Decor, takometer, lapisan karpet, dan jam.

Salah satu Jeep®CJ-7 Golden Eagle edisi 1980 bernama "Dixie" menjadi tenar berkat Daisy Duke dalam acara terkenal Dukes of Hazzard. Kendaraan yang satu ini kini dipamerkan di Dukes of Hazzard Museum berlokasi di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat.

Variasi bodi CJ-5 Golden Eagle tersedia dari tahun 1977 hingga 1983.

1978

KISAH WAGONEER 1970-an

American Motors Corporation membeli Kaiser Jeep Corporation pada awal 1970. Jeep® Wagoneer terus disempurnakan dan ditingkatkan kualitasnya seiring banyaknya kemajuan teknologi yang muncul sepanjang dekade tersebut. Teknologi baru AMC 360 kubik dalam mesin V8, dan kemudian diikuti dengan 401 kubik, diperkenalkan pada masa ini. Inovasi sistem 4X4 Quadra-Trac®  merombak industri dengan mengusung kemampuan berkendara berkelanjutan (tanpa pemindahan gigi manual).

Wagoneer Limited (1978-79) adalah penerus spiritual dari Super Wagoneer, yang kemudian diproduksi ulang dengan nama Grand Wagoneer. Wagoneer Limited adalah kendaraan bersistem 4x4 termewah pada masanya.

Majalah Road & Track menjulukinya sebagai "Sampanye-nya kendaraan berpenggerak 4 roda."

1980

KISAH CJ-5 LAREDO

Variasi Laredo diluncurkan dalam lini CJ dari 1980 hingga 1986. Variasi Laredo yang umum meliputi grill, bumper, roda, emblem atap, dan lis kromium.

Sejak itu, nama Laredo dicantumkan pada beberapa model Jeep®  hingga saat ini, dan model ini mewakili variasi lis menengah ke atas dengan aksen penuh gaya.

1981

KISAH CJ-10

CJ-10 yang tidak pernah dijual di pasar sipil domestik ini merupakan truk pikap Jeep dengan berat 1/2 atau 3/4 ton dengan lampu utama berbentuk persegi (sama seperti pada Wrangler keluaran berikutnya) dan grill unik dengan sembilan celah. Kendaraan ini acap kali dijumpai di Australia. CJ-10 menggunakan mesin diesel Nissan SD33 3.3L V6 dengan transmisi otomatis Chrysler 727.

CJ10 dikunci dalam jangkauan rendah dari bawaan pabrik dan dilengkapi lampu utama unik yang terpasang di sepatbor.

CJ-10A, yang juga dikenal sebagai Flightline Tow Tractor, merupakan kendaraan penarik andal yang digunakan untuk menderek pesawat di landasan pacu di seluruh dunia. Angkatan Udara A.S. membeli CJ-10A secara massal. CJ-10A diproduksi sejak 1984 hingga 1986.

Gambar Jeep® CJ-10 ditampilkan.

 

KISAH SCRAMBLER CJ-8

Setelah CJ-6 dihentikan produksinya pada tahun 1975, para pemilik Jeep®  kembali menuntut lebih banyak ruang. AMC menjawab tuntutan ini dengan CJ-8 "Scrambler." Truk pikap kecil ini menyerupai CJ-7 namun memiliki jarak sumbu roda lebih jauh berukuran 103 inci (261,6 cm) dan julur belakang yang panjang untuk memperluas ruang kargo.

Sebagian besar komponen seri ini sama dengan CJ-7, meskipun mesin V8 tidak dihadirkan dalam CJ-8, dan Scramblers dengan 6 silinder dilengkapi transmisi otomatis AMC Model 904.

Pikap kabin terbuka ini secara internasional dikenal sebagai CJ-8 dan tersedia dalam konfigurasi Soft Top maupun model hardtop. Versi baja dari model hardtop Scrambler telah diekspor ke Australia dan lembaga layanan Pemerintah Amerika Serikat yang berada di Alaska menggunakan Scrambler bermodel angkutan panel tertutup dengan transmisi otomatis.

Mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan, sering kali terlihat mengemudikan Blue Scrambler-nya di peternakan "Rancho De Cielo".

Scrambler kemudian digantikan dengan Truk Pikap Jeep® Comanche yang memiliki ukuran serupa. Meskipun pada masanya kendaraan ini tak terlalu laris, saat ini Scramblers sangat populer di kalangan kolektor dan modifikator kendaraan medan berat.

1982

KISAH CJ-7 LAREDO

Variasi Laredo diluncurkan dalam lini CJ-7 dari 1982 hingga 1986. Variasi Laredo yang umum meliputi grill, bumper, roda, emblem atap, dan lis kromium.

Sejak itu, nama Laredo dicantumkan pada beberapa model Jeep®  hingga saat ini, dan model ini mewakili variasi lis menengah ke atas dengan aksen penuh gaya.

1983

KISAH TRUK 1980S J-10

Pada tahun 1971, Jeep®  berhenti memproduksi truk Gladiator dan mulai menghadirkan model baru J-10 (119-inch/302 cm) atau J-20 (131-inch/333 cm). Penyempurnaan model meliputi rem cakram depan, poros depan baru, roda berpengunci enam, dan kerangka lintas model yang lebih berat.

Lini truk pikap Seri J J-10 dilengkapi dengan variasi bodi Honcho, Golden Eagle, dan bodi lis 10-4.

J-20 memiliki rata-rata GVW (gross vehicle weight) yang lebih besar ketimbang truk sejenisnya, dengan kisaran "berat" mulai setengah ton hingga lebih dari satu ton, dan bahkan dengan konfigurasi roda belakang ganda.

Pada tahun produksi Seri J, Jeep® juga memproduksi truk seri J-30.

Semua truk memiliki rancangan bodi yang sama dengan Jeep® Wagoneer dan Cherokee, mulai kabin maju (cab forward), dan ditawarkan dengan badan mobil berjenis slab-side ataupun step-side.

Variasi bodi lis 10-4 diproduksi dari tahun 1974-1983. Variasi bodi 1978 memiliki banyak pilihan warna dan dekorasi. Variasi bodi 10-4 juga menawarkan radio CB opsional yang dipasang oleh pabrik atas permintaan.

Variasi bodi Golden Eagle edisi 1977 yang diproduksi pada 1977-1983 ini dilengkapi pelindung grill, lampu kemudi, kerangka pelindung bak pikap, roda berdiameter delapan inci (20,3 cm), jok mobil denim, aksen motif garis, dan stiker kap bergambar elang - semuanya dapat diperoleh dengan harga US$749.

1984

KISAH GRAND WAGONEER 1980S

Pada tahun 1984, AMC mengubah nama Jeep® Wagoneer dan Cherokee menjadi XJ berbodi tunggal yang berukuran kecil. Menyandang nama "Grand Wagoneer", SJ Wagoneer berukuran besar ini dilestarikan hingga tahun 1991.

Seri ini dipasarkan sebagai versi SUV yang lebih mewah dan merupakan kendaraan berkaburator terakhir yang dijual di Amerika Utara.

Model tahun 1991 hadir dengan emblem "Final Edition" pada bagian dasbor.

Kendaraan ini dianggap sebagai "standar kemewahan di pasar SUV"

1985

KISAH JEEP® CHEROKEE

Setelah riset pasarnya meyakinkan AMC bahwa masa depan kendaraan ringkas SUV sangat cemerlang, pabrikan otomotif ini mengucurkan dana sebesar US$250 juta untuk desain dan produksi kendaraan ringkas baru XJ Cherokee serta mobil wagon sport Wagoneer. Desain XJ berasal dari tahun 1978, ketika tim AMC dan teknisi Renault membuat sketsa serta model tanah liat dari SJ Cherokee sebelumnya. Namun demikian, seri XJ baru ini akhirnya memulai debut pada tahun 1984 yang diterima dengan baik ketika kendaraan ini berhasil meraih penghargaan "4x4 of the Year" dari tiga majalah off-road terkemuka.

Jeep® Cherokee edisi 1984 merupakan kendaraan revolusioner: 21 inci (53,3 cm) lebih pendek, 6 inci (15,2 cm) lebih ramping, 4 inci (10,16 cm) lebih rendah, dan 1000 pound (453,5 kg) lebih ringan daripada Wagooner (SJ) berukuran besar. Kendaraan ini dirakit dengan bodi tunggal revolusioner, bukan dengan kerangka-dan-sasis tradisional.

XJ adalah kendaraan pertama yang memiliki dua sistem 4x4: 4X4 dengan Command-Trac® paruh waktu dan Selec-Trac® berkelanjutan. XJ telah membuktikan kepopuleran sepanjang masanya kepada para penggemar 4X4 atas kemampuannya melaju di medan berat dan ketersediaan modifikasi pascajual yang luas.

Hingga tahun 1988, Cherokee adalah satu-satunya kendaraan SUV ringkas yang menawarkan model dua dan empat-pintu. Kendaraan termasyhur yang memulai debut pada tahun 1987 dengan mesin enam silinder sejajar berkapasitas 4.0L ini sebenarnya dilengkapi dengan pilihan mesin empat silinder 2.5L atau mesin 2.8L V-6.

Terdapat 14 model lis pada sepanjang tahun: Base, SE, Wagoneer Limited, Briarwood, Pioneer, Pioneer Olympic Edition, Chief, Sport, Country, Classic, Limited, Laredo, Freedom, dan 60th Anniversary Edition.

1986

KISAH JEEP® COMANCHE

Jeep® Comanche (juga disebut MJ) adalah versi pikap dari XJ Cherokee. Pikap Comanche awalnya mengusung roda gigi yang sama dengan XJ, meskipun Anda dapat memperoleh mesin diesel Renault I-4 2.1L untuk model MJ tahun '86.

Bodi tunggalnya menjadikan Comanche lebih unik dibandingkan dengan pikap lain di pasaran. Kendaraan ini dijual dalam model Comanche Sport Truck dengan bak pendek dan Comanche Chief dengan bak panjang.

Comanche menjadi kendaraan pamungkas yang menutup kehadiran lini pikap Jeep sejak 1947.

1987

KISAH JEEP® WRANGLER (YJ)

Jeep® Wrangler (YJ) menggantikan Seri CJ yang legendaris. Kendaraan ini memiliki bodi yang lebih lebar, grill menyudut, lampu utama berbentuk persegi panjang, dan interior modern. Semua hal ini menjadikan Jeep Wrangler kendaraan yang "canggih".

Meskipun Wrangler menggunakan profil bodi terbuka yang serupa dengan CJ-7, kendaraan ini memiliki kesamaan di beberapa bagian dengan pendahulunya yang kondang. Secara mekanis, Wrangler memiliki lebih banyak kesamaan dengan Cherokee daripada CJ-7. Wrangler YJ memiliki lampu utama persegi yang merupakan aksesori pertama (dan terakhir) bagi jenis kendaraan Jeep® ini.

Tingkatan lis Wrangler meliputi: Base ("S" atau "SE"), Laredo, Islander, Sport, Sahara, Renegade, dan Rio Grande.

Pada tanggal 5 Agustus 1987, sekitar setahun setelah diperkenalkannya Wrangler, American Motors Corporation dibeli oleh Chrysler Corporation dan merek Jeep® nan kondang ini menjadi bagian dari Chrysler Jeep / Eagle Division.

1988

KISAH JEEP® WAGONEER

Jeep® Wagoneer yang berorientasi pada pengguna keluarga ini merupakan variasi dari Cherokee (XJ). Seri ini dijual dalam dua jenis: Wagooner dan Wagooner Limited. Kedua Wagooner tersebut dapat dibedakan dari Cherokee berdasarkan empat lampu utamanya, dengan lis kayu vinil yang khas untuk varian Limited. Model Base memiliki tingkat lis yang lebih tinggi dari model Cherokee XJ namun lebih rendah dari seri terbaik Limited.

Model ini tersedia dalam sistem 4WD "Command-Trac"® part time  atau "Selec-Trac"® full time . Command-Trac mengusung kemampuan shift-on-the-fly yang memungkinkan pengemudi untuk berpindah menuju atau keluar dari mode 4WD saat kendaraan sedang bergerak. Selec-Trac berkelanjutan yang mutakhir senantiasa digunakan dan dilengkapi kopling basah khusus untuk menyingkirkan ikatan, atau "momentum lompatan" yang terjadi saat sebagian besar 4WD dioperasikan di jalan aspal kering.

1993

KISAH JEEP GRAND CHEROKEE (ZJ)

Jeep® Grand Cherokee (ZJ) menjadi kondang saat diperkenalkan pertama kali dengan menabrak kaca pusat konvensi North American International Auto Show di Detroit pada 7 Januari 1992. Grand Cherokee menggantikan Wagoneer sebagai SUV mewah berukuran sedang – sebuah rancangan berkelas yang ingin segera ditiru oleh berbagai pabrikan otomotif.

SUV pertama ini dilengkapi dengan kantong udara pada jok pengemudi, sehingga kendaraan ini menetapkan standar baru bagi perjalanan, kemudi, dan kenyamanan saat mengendarai SUV di jalan raya. Popularitas Grand Cherokee langsung melesat dan memenangkan berbagai penghargaan, termasuk  Truck of the Yeardari majalah Motor Trend, Four Wheeler of the Yeardari majalah Four Wheeler , dan4x4 of the Year &pada  tahun 2003 dari majalah 4Wheel Off-Road.

Sebagai kendaraan baru pada tahun 1993, jarak sumbu roda sepanjang 105,9 inci (269 cm) pada Grand Cherokee melejitkan tingkat penyempurnaan Cherokee. Suspensi Quadra-Coil™ baru dilengkapi konfigurasi kumparan / multilink, mesin V8 berkapasitas 5,2L ditawarkan sebagai pilihan, serta poros belakang Dana 44 tersedia bagi beberapa model.

Seri ZJ pada awalnya hadir dengan tiga pilihan lis mobil: Base, Laredo, dan Limited. Model khusus termasuk Orvis (1995-1997), yakni model Limited khusus dengan perpaduan corak eksterior hunter green dengan motif garis emas. Interiornya diramaikan dengan corak hijau dan sampanye serta dilengkapi dengan aksen merah dan emblem Orvis.

1994

KISAH GRAND WAGONEER

Jeep® Grand Wagoneer ZJ merupakan versi Grand Cherokee langka yang hanya ditawarkan pada 1993. Inilah variasi terbaik yang menghadirkan seluruh pilihan ZJ, termasuk V8, serta tampilan yang sangat mirip dengan SJ Grand Wagoneer yang baru dilengserkan. Model ini ditawarkan sebagai model yang benar-benar berbeda dengan sampingnya yang berbalut tekstur kayu.

1995

KISAH JEEP

Grand Cherokee menggantikan Grand Wagoneer sebagai SUV mewah berukuran sedang – sebuah rancangan berkelas yang ingin segera ditiru oleh berbagai pabrikan otomotif.

Jeep® Grand Cherokee 1996 yang disempurnakan dengan lebih dari 40 peningkatan utama ini kembali meraih penghargaan “4x4 of the Year” dan “Four Wheeler of the Year”.

Pada tahun 1998, legenda ini terus berlanjut dengan pengenalan kendaraan Jeep®  paling gesit dan bertenaga yang pernah ada: 1998 Jeep Grand Cherokee 5,9L Limited.

1997

KISAH WRANGLER (TJ)

Dianggap sebagai Mesin Kebebasan Pamungkas (Ultimate Escape Machine). Jeep® Wrangler (TJ) 1997 menghadirkan kendali yang mengagumkan di jalan raya serta kemampuan legendaris dalam menerjang medan berat. All-new 1997 Jeep Wrangler ini meraih penghargaan bergengsi, yaitu "4x4 of the Year".

Wrangler anyar ini mengusung tampilan retro yang sangat mirip dengan CJ-7, namun amat berbeda dari segi mekanisnya. Hampir 80% dari suku cadang kendaraan ini dirancang kembali. Teknisi Jeep melakukan pembongkaran mesin besar-besaran sejak Quad berkembang menjadi MB, diawali dengan platform dasar Wrangler.

Perubahan teknik terbesar pada TJ adalah suspensi baru Quadra-Coil™ yang menggantikan pegas daun standar serta menghadirkan peningkatan besar saat berkendara di jalan raya. Kemampuan menerjang medan berat juga ditingkatkan dengan kenaikan jarak dari tanah (ground clearance) serta sudut pergi dan pendekatan yang kian agresif. TJ juga dilengkapi dengan interior baru, termasuk kantong udara pada jok pengemudi dan penumpang.

TJ masih memelihara beberapa fitur klasik Jeep, seperti lampu utama berbentuk bulat (tidak lagi kotak), kaca depan mobil yang dapat dilipat ke bawah (pertama kali hadir pada tahun 1940), serta pintu yang dapat dilepas. Selain itu, TJ juga hadir dalam pilihan Soft Top atau hardtop yang dapat dilepas. Palang sport bawaan pabrik juga merupakan fitur standar kendaraan ini. Mesin TJ masih mengusung mesin AMCL Straight-6 berkapasitas 4,0L yang digunakan pada Cherokee dan Grand Cherokee.

Lineup TJ Wrangler mendapat sambutan hangat sejak diluncurkan dan terbukti sebagai kendaraan jalan tanah yang amat adaptif, dengan kemunculan berbagai suku cadang performa pascajual yang tersedia.

Pada tahun 2003, Jeep memperkenalkan Wrangler terandal yang pernah ada — Rubicon. Wrangler Unlimited memulai debutnya pada tahun 2004 dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang, ruang kargo yang lebih luas 13 inci (33 cm), serta peningkatan kenyamanan berkendara di jalan raya.

1999

KISAH GRAND CHEROKEE (WJ)

Pada tahun 1999, Grand Cherokee baru diperkenalkan sebagai "Kendaraan Sport Paling Andal (The Most Capable Sport Utility Ever)" serta mampu meraih penghargaan utama bagi mobil 4x4.

WJ yang diperbarui ini merupakan perancangan ulang komplit serta dilengkapi penanganan dan kemudi yang lebih baik, juga mesin V8 4,7L yang bertenaga serta sistem Quadra-Drive® 4X4. Meskipun tampilannya masih mengusung berbagai fitur rancangan utama model sebelumnya, hanya terdapat 127 suku cadang bawaan.

Mesin 5.7L HEMI® V8 dan fasilitas yang ditingkatkan berhasil membuat iri para pembeli mobil mewah.

2002

KISAH LIBERTY (KJ)

Pada 2001, Jeep® Cherokee (XJ) yang disegani ini telah dihentikan produksinya dan digantikan oleh Liberty (KJ). Liberty yang baru menghadirkan atribut desain yang tak lekang dimakan zaman, seperti lampu utama bulat dan grill dengan tujuh celah. Kemajuan teknik yang berani ditanamkan dalam Liberty, misalnya suspensi depan independen dan mesin baru 3.7L V6 untuk menggantikan mesin I-6 4.0L yang telah lama dipakai.

Sistem penggerak empat roda dikontrol melalui Command-Trac®; sedangkan model Liberty Limited menerima Selec-Trac® yang berkelanjutan  dan poros 3,73:1 sebagai fitur standarnya. Untuk model edisi 2005, Liberty ditawarkan dengan mesin diesel turbo opsional berkapasitas 2,8L dan transmisi manual dengan enam kecepatan.

2003

KISAH WRANGLER RUBICON (TJ)

Jeep®  Rubicon adalah kendaraan paling andal dalam sejarahnya yang tersohor. Nama kendaraan ini diambil dari nama jalur medan berat legendaris di California. Wrangler spesial ini dirancang khusus bagi para penggila medan berat.

Wrangler Rubicon dilengkapi dengan diferensial depan dan belakang yang digerakkan melalui tombol tekan (pengunci), diferensial tengah Rock-Trac® jarak pendek 4:1 dengan poros keluaran yang dilengkapi flens, rem cakram pada keempat rodanya, pelindung pijakan kaki dari plat bordes, serta komponen yang diperkuat dari atas hingga bawah.

2004

KISAH WRANGLER UNLIMITED (TJ-L)

Pada 2004, Jeep®  menghadirkan versi TJ yang lebih “panjang”, yaitu Wrangler Unlimited. Unlimited memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang 10 inci (25,4 cm) dan panjang bodi yang lebih panjang 15 inci (38,1 cm). Selain itu, kendaraan ini juga menawarkan ruang kaki yang lebih lega, ruang penyimpanan interior yang lebih luas, dan peningkatan signifikan pada pengendalian di jalan raya.

Unlimited sedikit berbeda dari model TJ-L militer yang panjang, dengan julur belakang yang lebih panjang lima inci (12,7 cm), namun memiliki lebih sedikit ruang di bagian tengah bodinya.

Jarak sumbu roda yang lebih panjang menawarkan kenyamanan lebih baik ketika berkendara di jalan raya, serta fleksibilitas dan peningkatan kapasitas derek hingga 3500 pound (1587,5 kg) jika dipasang dengan benar.

Pada tahun 2005, Jeep memperkenalkan Rubicon Unlimited – dengan jarak sumbu roda yang sama dengan Unlimited dan fitur medan berat dari Rubicon.

2005

2004 JEEP GRAND CHEROKEE LAREDO

Jeep® Grand Cherokee (WK) terbaru ini memulai debutnya pada tahun 2004 sebagai model untuk tahun 2005. Grand Cherokee yang diperbarui ini mengawinkan kekuatan dan kemewahan serta jauh lebih nyaman dan senyap saat dikendarai.

Para teknisi Jeep bekerja keras untuk meningkatkan penyempurnaan berkendara di jalan raya dengan menambahkan suspensi depan independen short dan long arm yang serupa dengan model 2002 Liberty.

Transformasi total ini berlanjut dengan pemilihan tiga dapur pacu, termasuk mesin tangguh HEMI®  V8 berkapasitas 5.7L dengan 330 dk. Tambahan sistem 4X4 Quadra-Drive II®  berkelanjutan ini dilengkapi diferensial depan dan belakang minim selip serta pengunci diferensial tengah yang beroperasi di jarak pendek.

Grand Cherokee (WK) yang baru diperkenalkan pada tahun 2011.

2006

KISAH COMMANDER (XK)

Commander edisi 2006 adalah kendaraan Trail Rated® Jeep® 4x4 pertama untuk tujuh penumpang.

Kendaraan ini dikembangkan dengan basis platform '05 Grand Cherokee (WK). Commander menghadirkan bodi mengotak yang sedikit lebih panjang dari WK (dua inci atau 5,08 cm), dengan atap yang lebih tinggi tiga inci (7,6 cm), serta pengaturan jok bertingkat untuk kursi belakang ekstra. Penataan bodi Commander yang mengotak–dengan kaca depan mobil yang tegak dan sisi yang menyudut–membuatnya mudah dibedakan dari sang sepupu.

Daya bawaan dan sistem transmisi yang ditawarkan juga sama dengan Grand Cherokee. Layaknya kebanyakan model Jeep 4x4, Commander mengusung emblem Jeep Trail Rated. Untuk memperoleh sertifikasi Trail Rated, kendaraan wajib memenuhi standar performa dalam hal traksi, sambungan, jarak dari tanah, kemampuan bermanuver, dan kemampuan menerobos air.

2007

KISAH JEEP® COMPASS

Jeep® Compass yang pertama kali dikenalkan pada ajang 2006 North American International Auto Show adalah SUV crossover yang ringkas dan menghadirkan fitur kemampuan Trail Rated® .

Kendaraan ini berpenggerak empat roda dengan pilihan tambahan dua sistem 4x4 yang dikontrol secara elektrik untuk segala cuaca: Freedom Drive I™, yakni sistem berkelanjutan untuk penggunaan di jalan raya, atau sistem Freedom Drive II ® dengan kemampuannya menerobos medan berat.

Pada tahun 2011, Jeep merayakan Ulang Tahun ke-70 dengan meluncurkan edisi spesial Jeep Compass. Kendaraan unik ini tersedia dengan warna cat eksterior yang unik (Bronze Star Pearl), emblem 70th Anniversary, dan masih banyak lagi.

 

KISAH PATRIOT

Jeep® Patriot adalah SUV crossover yang ringkas dan menghadirkan fitur kemampuan Trail Rated® .

Kendaraan ini berpenggerak empat roda dengan pilihan tambahan dua sistem 4x4 yang dikontrol secara elektrik untuk segala cuaca: Freedom Drive I™, yakni sistem berkelanjutan untuk penggunaan di jalan raya, atau sistem Freedom Drive II ® dengan kemampuannya menerobos medan berat.

Pada tahun 2011, Jeep merayakan Ulang Tahun ke-70 dengan meluncurkan edisi spesial Jeep Patriot. Kendaraan unik ini tersedia dengan warna cat eksterior yang unik (Bronze Star Pearl), emblem 70th Anniversary, dan masih banyak lagi.

 

KISAH JEEP® WRANGLER (JK)

Wrangler merupakan mobil 4x4 terhebat yang melambangkan kebebasan Amerika - kendaraan Jeep® pada era modern yang menjadi penerus Willys MB asli yang heroik.

2007 Wrangler 4x4 menghadirkan lampu utama bulat yang khas, grill tujuh celah ikonis, poros yang kukuh, pintu yang dapat dilepas, engsel terbuka, kaca depan mobil yang dapat dilipat ke bawah, atap inovatif yang dapat dilepas dan diganti, yang semuanya menghormati warisan merek Jeep sembari menandakan tingkat kemampuan dan keserbagunaan baru.

Kendaraan ini dibangun berdasarkan formula Jeep yang asli dengan kerangka, desain eksterior dan interior, fitur mesin, Keselamatan/Keamanan, serta kemudahan yang baru.

Wrangler menyandang emblem Jeep Trail Rated® , menunjukkan bahwa kendaraan ini mampu menaklukkan berbagai kondisi medan berat yang menantang. Hal tersebut diketahui dari lima kategori performa: traksi, jarak dari tanah, kemampuan manuver, sambungan, dan kemampuan menerobos air. Singkatnya, Wrangler dirancang untuk memenuhi keinginan penggila medan berat dan pengemudi SUV mewah, tanpa mengurangi aspek kedua hal yang sangat berbeda tersebut.

Untuk model tahun 2011, semua Wrangler 4x4 menonjolkan interior serba baru, serta model Sahara menghadirkan warna bodi yang lebih premium pada bagian hardtop. Wrangler Unlimited menggabungkan kemampuan medan berat yang terbaik di kelasnya dengan kepraktisan sehari-hari, termasuk ruang bagi lima penumpang dewasa dan ruang kargo terluas yang pernah ditawarkan di Wrangler.

Pada tahun 2011, Jeep merayakan Ulang Tahun ke-70 dengan meluncurkan edisi spesial Jeep Wrangler. Kendaraan unik ini tersedia dengan warna cat eksterior yang unik (Bronze Star Pearl), emblem 70th Anniversary, dan masih banyak lagi.

Gambar Jeep Wrangler 70th Anniversary Edition (JK) 2011 ditampilkan

 

KISAH WRANGLER UNLIMITED

Wrangler merupakan mobil 4x4 terhebat yang melambangkan kebebasan Amerika - kendaraan Jeep® pada era modern yang menjadi penerus Willys MB asli yang heroik. Dengan menghadirkan desain empat pintu terbuka yang unik, JK Wrangler merupakan integrasi terbaik dari ketangguhan medan berat dan kemewahan khas mobil penumpang pada tahun ke-70 dari sejarah Jeep.

Kendaraan ini dibangun berdasarkan formula Jeep asli dan sukses dengan menambahkan kerangka, desain eksterior dan interior, serta fitur mesin dan kemudahan yang baru. JK menghadirkan kemampuan, penyempurnaan, ruang interior dan kenyamanan, kesenangan di udara terbuka, tenaga, efisiensi bahan bakar, serta fitur Keselamatan / Keamanan yang lebih baik.

Untuk model tahun 2011, semua Wrangler 4x4 menonjolkan interior serba baru, serta model Sahara menghadirkan warna bodi yang lebih premium pada bagian hardtop. Wrangler Unlimited menggabungkan kemampuan medan berat yang terbaik di kelasnya dengan kepraktisan sehari-hari, termasuk ruang bagi lima penumpang dewasa dan ruang kargo terluas yang pernah ditawarkan di Wrangler.

Pada tahun 2011, Jeep merayakan Ulang Tahun ke-70 dengan meluncurkan edisi spesial Jeep Wrangler/Wrangler Unlimited. Kendaraan unik ini tersedia dengan warna cat eksterior yang unik (Bronze Star Pearl), emblem 70th Anniversary, dan masih banyak lagi.

2008

KISAH LIBERTY (KK)

Pada tahun 2008, All-New Jeep® Liberty (KK) kental dengan desain Jeep klasik yang tangguh digantikan dengan desain Liberty (KJ) yang lebih kalem dan membulat.

Teknisi Jeep berupaya meningkatkan penyempurnaan kendaraan Liberty di jalan raya dan memantapkan kemampuannya menerjang medan berat. Hasilnya, dikembangkanlah sistem suspensi depan independen dan five-link baru yang dikombinasikan dengan tambahan sistem Selec-Trac® II 4x4 berkelanjutan yang baru. Fitur ini memberikan Liberty pengendalian di jalan raya yang lebih baik tanpa mengorbankan fitur medan berat kendaraan ini.

Di dalamnya, kenyamanan jok, kapasitas kargo+ , dan ruang penumpang juga ditingkatkan. Liberty menyediakan fitur Sky Slider Roof® yang memberikan pengalaman berkendara di udara terbuka khas Jeep.

Pada tahun 2011, Jeep merayakan Ulang Tahun ke-70 dengan meluncurkan edisi spesial Jeep Liberty. Kendaraan ini tersedia dengan warna cat eksterior yang unik (Bronze Star Pearl), emblem 70th Anniversary, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2012, Liberty yang disegani ini telah dihentikan produksinya dan digantikan oleh rangkaian All-New 2014 Jeep Cherokee.

2011

KISAH GRAND CHEROKEE (WK-NEW)

All-New pada tahun 2011 dan menjual lebih dari 4 juta unit setelah kemunculan pertama kalinya Grand Cherokee, Jeep® menyempurnakan formulanya dan menghadirkan perpaduan yang tepat antara penyempurnaan di jalan raya dan kemampuan menerjang medan berat.

All-New WK menghadirkan performa premium di jalan raya, pengerjaan khas merek Jeep yang legendaris, peningkatan efisiensi, interior berkelas dunia, desain eksterior baru yang mengilap, pengerjaan ala Amerika yang sebenarnya, serta segudang fitur Keselamatan & Keamanan, juga teknologi yang disematkan ke kendaraan ini.

Pada tahun 2011, Jeep merayakan Ulang Tahun ke-70 dengan meluncurkan edisi spesial Jeep Grand Cherokee. Kendaraan ini tersedia dengan warna cat eksterior yang unik (Bronze Star Pearl), emblem 70th Anniversary, dan masih banyak lagi.

Grand Cherokee pemenang penghargaan ini diperbarui pada tahun 2013 dengan berbagai penataan atribut serta mesin baru 3.0L EcoDiesel +  dan transmisi otomatis dengan delapan kecepatan.

2014

KISAH JEEP® CHEROKEE (KL)

 

All-New 2014 Jeep® Cherokee mengambil alih posisi Liberty dengan menjanjikan perubahan pada segmen menengah. Jeep kembali ke masa lampau dan menggunakan nama besar Cherokee untuk merilis kendaraan revolusioner ini. Cherokee progresif ini merombak segmen ukuran SUV menengah dengan kemampuan 4x4 Terbaik di Kelasnya+, tampilan segar, efisiensi yang mengagumkan, kemampuan serbaguna yang istimewa, dan penyempurnaan gaya untuk penggunaan sehari-hari.

Pada tahun 2014, Cherokee meluncurkan empat model: Sport, Latitude, Limited, dan Trail Rated®Trailhawk®. Trailhawk yang gahar ini ditata, dilengkapi, dan dirancang untuk meningkatkan kemampuan pada segmen ini menuju standar yang lebih tinggi. Cherokee Trailhawk memiliki kemampuan 4x4 Terbaik di Kelasnya+ berkat suspensi medan berat yang lebih tinggi dengan pelindung mesin bagian bawah, kait derek, kontrol traksi Selec-Terrain®, Jeep Active Drive Lock dengan pengunci belakang, Selec-Speed Crawl Control dengan rasio roda gigi tertinggi 56:1+  serta sudut datang, pergi, dan patahan jalan yang agresif.

Desain baru yang modern, progresif, dan aerodinamis ini membantu Jeep bergerak menuju era berikutnya dengan daya tarik global yang ditandai oleh bentuknya yang efisien serta ciri khas DNA Jeep. Cherokee menetapkan tolok ukur baru bagi industri otomotif dengan menjadi SUV ukuran sedang pertama yang menawarkan standar transmisi otomatis sembilan kecepatan pada semua jenisnya, mesin All-New 3.2L Pentastar® V6 dan 2.4L Tigershark MultiAir®2 yang meningkatkan efisiensi serta penyempurnaannya secara drastis.

Interior yang dibuat secara mendetail menghadirkan berbagai bentuk buatan tangan dengan bahan berkualitas tinggi. Lebih dari 70 fitur Keselamatan & Keamanan mutakhir dan konektivitas inovatif mendorong Cherokee ke wilayah baru dalam rancangan ramah pengguna serta fitur berteknologi tinggi terkini yang kian berkembang.